Skip to main content

Ketemu Tere Liye di Indonesia Book Fair 2012


Ini cerita gw seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 18 November 2012

Humble, ramah, ramah banget, supel gilak
haha ya hari ini gw sengaja banget ke istora, ada apa di istora? ada indonesia book fair. eits tapi bukan perkara book fairnya tapi...... perkara tere liye, haha gw  niat banget supaya ketemu dia, penulis yang gw favoritin banget banget karena karya2nya gw suka.

hm...sebenarnya gw gak niat2 amat awalnya biasa aja, hm...gini awalnya di kampus gw gak sengaja ketemu cindy, nah dia told me deh,
"yas, hari minggu ke senayan yuk!"
"ada apaan emang?"
"ada tere liye!!"
"ah iya?! kapan kapan? dimana?
"minggu di senayan"
"minggu ini?"
"iya, gw baca di facebook sih, lu cek aja coba!"
"oh ayok yok, mau gw!"
"yaudah oke"

dari situ sebenernya ada keinginan sih plus ditambah gak enak aja soalnya udah diajak. oke bulatkan tekad dan booking jadwal bahwa minggu gw gak bisa diganggu gugat, jadwal gw minggu adalah ke istora.

langsung pas hari H aja ya.......................
dilokasi, stand penerbit republika.
"halo bang", ucap gw sambil senyum
"iya", sambil senyum juga
gw langsung nyodorin empat buku ditambah satu buku lagi yang mau ditandatanganin, tapi sebelum itu gw salaman sama dia. hm...jadi gini karena postingan2 status si bang tere di facebook itu islami menurut gw, jadinya gw salamannya ala anak alim, gak nyentuh tanggannya gitu wkwk
"saya gak seekstrim itu kali", kata si bang tere mungkin aneh sama sikap salaman gw atau malah tersinggung haha entahlah. "salaman2 aja gapapa"
"oh...."
gw langsung nyodorin tangan gw dan salim ala salim sama orang tua. dan gw sodorin lah itu buku yang udah gw siapin tadi.
"haduuuh bukunya kok sudah kyk gini", kata bang tere prihatin ngeliat buku gw udah lecek haha
"haha iya keujanan itu"
"bisa dituker yang baru gak? hehe", canda bang tere ke penjaga stand penerbit republika
"...."
"to-nya buat siapa?"
"faiz"
"spelling coba"
"ef-a-i-zet"
"faiz itu siapa?"
"ade aku"
"oh ade kamu baca beginan juga?", tanya si bang tere kaget
"iya haha", lanjut gw cerita. "awalnya dia gak tau tere liye, tapi karena aku beli buku bang tere, dia juga baca dan mungkin dia suka"
"ade kamu kelas berapa emang?"
"smp"
"ade kamu cewek apa cowok?", kata bang tere sambil nanda tanganin buku yang kedua.
"cowok. kalo yang ini buat cindy"
"spelling"
"itu ada tulisannya", kata si cindy
"jadi ini buku ade kamu?"
"iya satu itu doang, kalo aku yang ini", sambil nunjuk dua buku
"oh kalo kamu siapa namanya?"
"dyas"
"oh iya", sembari liat nama gw di halaman awal.
bang tere ternyata kepo juga, di buku rembulan tenggelam di wajahmu itu ceritanya, ada curhatan gw tentang koperasi i'm in love dan dia liat dan pas gw bilang, "bang jangan!" dia ngambil dan ngejauhin bukunya dari gw dan dibacalah curcol gw dibuku itu.
"hahaha tenyata kamu galau sekali ya dyas"
"haha iya bang"
"his smile make me melted. he is like some one in the past", si bang tere ngebacain sedikit curcol gw tadi dengan ganyanya. "tapi ini tulisan buat pribadi aja kan?"
"haha hooh", gw cuma bisa ketawa --"
"kamu bisa jadi penulis loh dari tulisan pribadi kyk gini"
"oh....", kata gw merhatiin sambil manggut2, ngeliatin tangannya yang lincah nanda tanganin buku selanjutnya.
"asalkan kamu nulisnya yang bener jangan yang enggak2 dan jangan disembarang media"
"oh gitu ya?"
"hm...kalo kamu umur berapa?"
"delapan belas"
"suka kpop dong?"
"hm...enggak biasa aja"
"ah masa sih anak2 seumuran kamu kan pada heboh sama kpop"
"hehe iya biasa aja"
"kamu udah lulus atau kuliah atau kerja?"
"kuliah"
"dimana?"
"mercu buana"
"oh mercu. jurusan?"
"akuntansi"
"saya juga lulusan akuntansi"
"akuntan?"
"hm...kamu tau PSAK? ya akuntansi itu ada prinsip2nya kan? nah itu ada yang karangan saya loh, hm...tapi maksudnya saya yang typewritingnya. darwis ketik ini darwis ketik itu", cerita om darwis panjang gw lupa detilnya kyk gimana tapi itu seru ngobrol sama dia.
"oh....", gw hanya pendengar yang baik :)
"ya jadi saya akuntan akuntan tidak pada umumnya"
"oh iya iya. gak boleh foto bareng ya?"
"engga boleh...kecuali"
"masih sd atau smp", sahut gw.
selesai sudah sesi tanda tangan dan percakapan kita. sebenernya masih mau berlama2 dan berpanjang2 cerita sih, tapi ngeliat antrian panjang di balakang gw, gw pun gak mau egois gw pamit dan salaman lagi, tepatnya salim haha.
"gak usah salim juga dong"
"haha you're like my father"

nah itu tadi cerita gw hari ini di istora bersama tere liye. sosok yang menurut gw asik, supel abis. kalo jokowi, politik tanpa pencitraan. nah kalo bang tere, jurnalisme tanpa pencitraan.

Comments