Skip to main content

Hidup Minimalis - Decluterring Your Wardrobe

Now days, the minimalism is a hype issue. Sebenarnya gaya hidup minimalis ini udah ada sejak lama, tapi gak tau kenapa baru hype sekarang, dimana-mana bahas minimalis, termasuk di blog gue ini.
Kalo gue sih karena ini personal blog gue jadi, gue mau sedikit cerita aja tentang meminimaliskan hidup gue, ciyeelah.. 

Source: rawpixel.com

Niatnya sih udah lama banget, segala sampe beli bukunya Marie Kondo, tapi sampe sekarang bukunya belom juga selesai dibaca haha. Hari ini gue lagi ngelanjutin decluttering lemari baju gue (kenapa nyebutnya lemari baju, padahal di dalemnya ada celana, rok, dll - okeh kita sepakatin aja ya, kalo gue nulis baju maksudnya pakaian wkwk), jujur sulit, wah dari sekian baju yang gue punya, gue mesti milih beberapa yang kiranya bakal gue pake! Tadinya gue mau nerapin caranya capsule wardrobe gitu yang itemnya tuh dibatesin cuma punya sekian item, tapi kayaknya gue masih terlalu awam dan masih belom tega haha, jadinya gue pake cara kolaborasi aja Marie Kondo ft cara gue *lol*. Mungkin buat yang masih baru mau mulai kayak gue ini cara ini bisa dipake xixi. 

Berikut step-step yang gue lakuin:

#1 keluarin semua baju dari lemari;

#2 pisahin baju menurut kategorinya, misalnya kemeja kerja, kaos buat sehari-hari, baju buat hang-out, baju batik, dress, dll. Seharusnya kategorinya bisa lebih disederhanain lagi sih, tapi berhubung gue masih newbie dan masih mikir sayang-sayang jadinya kategorinya masih banyak gitu, tapi gak apa-apa, mari kita coba pelan-pelan siapa tau besok-besok bisa lebih sederhana kategorinya. Gue yakin ada beberapa orang yang sama kayak gue, masih mikir sayang-sayang apalagi banyak baju yang jarang banget dipake, kalo dipikir-pikir seharusnya udah kena declutter tapi rasanya itu lhoooo, gak tega :( but let's continue;

#3 mulai pilihin item-item sesuai kategorinya, maksudnya, misalnya kalo gue mulai dari baju batik yang itemnya gak terlalu banyak, gue kira-kira yang mana yang masih akan dipake dan yang kira-kira kayaknya gak akan gue pake deh, atau semacam yang.. eh ini kayaknya gapapa deh kalo gue buang;

#4 setelah milih item di satu kategori, langsung masukin lemari. Terus lakuin lagi poin #3 dan #4 ini sampe udah selesai semua kategori yang dipisahin tadi;

#5 untuk item yang gak dipilih masih akan gue sortir lagi, apakah masih mau gue pake lagi suatu hari atau gue udah rela nih kalo bajunya gue kasih orang.

dan tadaaa.. let's look your wardrobe now! Gue bangga banget liat lemari baju gue yang sekarang, yang tadinya numpuk penuh, sampe ada beberapa baju yang gak muat di lemari, sekarang lemari gue plong, kayak hati gue #eh

Tapi memang benar ada kaitannya hidup minimalis ini dengan kepuasan hati loh! Let's try to minimalism your life and see what will you feel after that.

I'm sorry I can share the before after picture, I'm too shy to share you my wardrobe :P✌

Comments