Skip to main content

Mengapa Wanita Banyak yang Terlibat Korupsi?

Ini cerita gw tanggal 21 Desember 2012 lalu, ceritanya gw lagi ada di kelas etik dan lagi ngebahas tentang korupsi. Bla bla bla dosen ngejelasin dan si dosen ngelempar topik yang pertanyaannya, "Jelaskan mengapa wanita banyak yang terlibat korupsi?"

Mainlah imajinasi gw, sempet stuck dan berusaha googling dan jadilah pendapat gw seperti ini,
"Korupsi dikalangan wanita semakin banyak akhir-akhir ini, mungkin dikarenakan melihat kondisi mayoritas, dahulu korupsi kebanyakan dilakukan oleh laki-laki. Mungkin saja menurut wanita-wanita tersebut yang melakukan korupsi, beranggapan bahwa kemungkinan terungkap lebih kecil ketimbang korupsi yang dilakukan oleh laki-laki. Kemungkinan-kemungkinan dicurigai itu kecil sehingga mereka berani melakukan korupsi. Atau jika dilihat dari sisi lain, kalangan wanita masih terlalu awam dan belum menguasai lika-liku permainan politik.
Perempuan masih jauh, wawasan politiknya ketimbang dengan laki-laki yang sudah lama berkecimpung di dunia politik. Selain itu wanita yang terlibat korupsi kebanyakan mereka adalah politisi dalam struktur partai, sehingga sulit untuk melawan kemauan partai." 
Sebenernya bukan masalah jawaban gw, tapi ini agak menyimpang haha. Singkat cerita gw tiba-tiba disuruh maju ke depan untuk ngebacain pendapat yang gw tulis, majulah gw ke depan kelas. Menurut gw jawaban gw lumayan bagus, bagus banget kali tuh haha. Sampe tiap kalimat langsung ditanggepin sama dosennya. Dan sebenarnya bukan masalah tanggapan si dosen, tapi ini lagi lagi agak menyimpang haha. Pas dosennya selesai nanggepin kalimat pertama gw, gw lanjutkan deh tuh kalimat ke dua gw, "....Atau jika dilihat dari sisi lain, kalangan wanita masih terlalu awam dan belum menguasai lika-liku permainan politik.", eaaaaa ini titik kepuasan gw haha. Lo tau kenapa? Karena pas gw selesai baca kalimat yang berujung lika-liku permainan politik itu, mata gw nangkep adanya suatu kepuasan, kekaguman. Lo tau itu sinyal dari siapa? Haha emang kadang terpikir bego banget begituan doang sampe bikin gw kelepek-klepek. Oke sinyal kekaguman atas pendapat gw itu, gw tangkep dari orang yang duduk di pojok kanan dari depan gw.

Oh God! Mau liat lagi senyumnya yang kayak gitu, senyum yang sambil geleng-geleng karena statement gw.
Senyum yang bisa bikin gw senyam-senyum sendiri seharian itu, pun sampe sekarang kalo gw inget kronologisnya.
Senyum yang bisa bikin gw 'WAH'!
Senyum yang bisa bikin gw merasa hebat.
Senyum yang bisa numbuhin rasa percaya diri gw dalam menulis dan mengomentari sesuatu, apalagi dalam bidang politik.
Senyum yang bisa ngasih energi gw seharian full itu.
Dan senyum yang gak gw sangka bakal ada di wajahnya karena gw.

Thanks for ur'smiling at the corner :)

Comments